Senin, 02 Januari 2012

Bagaimana Gas Beracun itu Mematikan Adesagi?

Polisi melansir kesimpulan sementara hasil otopsi terhadap jasad desainer kondang Ade Chandra Kierana Sagi, 34 tahun alias Adesagi dan rekannya, Randy Yana Putra, 31 tahun. Kedua selebritas itu, diduga  keracunan karbon  monoksida atau CO.

 http://www.rovinginsight.org/library/images/fashionfirst2010_webpics/Adesagi-Kierana.jpg

Gas itu keluar dari alat water heater kamar mandi yang pembakarannya tidak sempurna” kata Komisaris Endang Sri Wahyu, Juru Bicara Polres Kota Bandung, Senin 2 Januari 2012. "Tanda-tanda di tubuhnya hanya ada bercak-bercak di muka korban dan kuku yang menghitam, yang diduga dampak keracunan gas itu."


 http://panel.mustangcorps.com/admin/fl/upload/files/adesagi%20dan%20randy1.jpg

Apa itu karbon monoksida dan bagaimana sebenarnya gas beracun itu mematikan Adesagi? (baca: Mengenang 'Adesagi Kierana'). Pakar Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Putut Irwan Pudjiono menjelaskan, Karbon monoksida (CO) adalah gas tidak berwarna dan tidak berbau. Gas beracun ini berasal dari pembakaran tak sempurna, seperti batu bara, kayu, arang, minyak, minyak tanah, propana, dan gas alam.

Di rumah, karbon monoksida bisa menyebar melalui pembakaran sampah di halaman rumah, memanaskan mobil di garasi tertutup, asap perapian atau pembakaran yang tak sempurna dari pemanas air. Beberapa produk juga menghasilkan karbon monoksida seperti generator portabel, mesin pemotong rumput, dan mesin cuci listrik. Juga gas LPG.

http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/Ade-Chandra-Kierana-Sagi2.jpg

Menurutnya, gas LPG dibutuhkan dalam pembakaran untuk memanaskan air. Saat proses pembakaran, gas LPG akan menghasilkan gas karbondioksida (CO2) dan air (H2O). Pembakaran tersebut, juga  membutuhkan oksigen. (baca: Mengenang 'Adesagi Kierana').
Masalahnya, jika proses pembakaran LPG tidak sempurna, maka akan menghasilkan gas karbonmonoksida (CO), karbondioksida (CO2), dan air (H2O). Karena itu, jika gas beracun ini bocor dan itu terjadi di kamar mandi, resikonya cukup mematikan karena biasanya sirkulasi di kamar mandi kurang bagus.

 http://img01.salingsilang.com/salingsilang.com/uploads/2012/01/adesagi.jpg

” Jadi bisa dibayangkan, jika CO dalam jumlah banyak terhirup dan bertemu dengan darah, maka tidak bisa mengikat oksigen” kata Putut dalam percakapannya dengan Tempo, Senin 2 Januari 2012. »Jika sudah begitu, kadar oksigen akan berkurang, padahal oksigen diperlukan untuk menjalankan jaringan tubuh termasuk ke jantung."

Karena itu, jika posisinya berada di daerah yang sirkulasi buruk atau tertutup, bisa jadi berefek buruk pada kematian. » Dalam hitungan menit bisa langsung meninggal," kata Putut lagi. »Pada kasus Adesagi  buruk karena ruang tertutup. Beda kalau di ruangan terbuka maka risiko kematiannya lebih rendah."


Adesagi Kierana, desainer langganan para selebritis ditemukan tewas bersama pasangannya, Randi Yana di dalam kamar mandi di rumah seorang teman di Bandung pada Minggu 1 Januari 2012. Mereka diketahui masuk ke dalam kamar mandi pada pukul 02.00 dan tidak pernah ke luar, sampai akhirnya ditemukan sudah tak bernyawa pukul 16.00.







sumber :http://id.berita.yahoo.com/bagaimana-gas-beracun-itu-mematikan-adesagi-232308030.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar