Selasa, 10 Januari 2012

Agenda Sehat di Pagi Hari



Mau sehat? awali pagi hari anda dengan beberapa aktifitas berikut ini. Membuka pagi dengan agenda sehat tak hanya membuat hari Anda semangat, tapi juga membuat tubuh bugar. Karena Pagi hari dipercaya menjadi momen yang baik untuk mengawali sesuatu termasuk kesehatan, walau waktu di pagi sering terasa sempit karena berbagai persiapan rutinitas yang mesti dijalankan, mengawali pagi dengan agenda sehat menjadi sebuah keharusan. Pagi merupakan pengawal sekaligus titik utama bagi energi. Dalam sesi ini, sebaiknya energi yang terkumpul harus berada dalam keadaan penuh sehingga aktivitas harian bisa berjalan dengan lancar. Berikut ini selengkapnya:


Cerahkan pagi Anda dengan semarak warna

Seorang ahli warna menyarankan, sebaiknya Anda membuka pagi dengan melihat warna-warna cerah ketika membuka mata di pagi hari. Cobalah untuk membiarkan mata Anda menyapu warna cerah pada bantal, selimut, dan lampu berwarna terang di sekitar tempat tidur. Selain menyuntikkan semangat, sesi tersebut sekaligus memberikan terapi warna untuk indera penghilatan Anda.


Jangan bermalas-malasan di tempat tidur

Semakin banyak Anda bermalas-malasan di tempat tidur, maka Anda pun semakin lesu dalam mengawali hari. Hal ini karena Anda membiarkan otak menunda kegiatan yang seharusnya segera dilakukan. Tak jarang, karena terlalu lama bermalas-malasan di tempat tidur, Anda pun terbawa dalam tidur yang lebih dalam dan bangun dalam keadaan lesu. Tak hanya itu, Anda pun akan dilanda kebiasaan menguap sepanjang hari.


Visualisasikan masa depan

Ketika Anda bangun tidur, cobalah untuk memvisualisasikan dalam kepala Anda apa yang perlu dilakukan sepanjang hari. Tanyakan pada diri sendiri apa hal menarik yang membuat Anda energik untuk melewatkan hari itu, dan apa saja yang membuat Anda positif dalam berpikir ke depan.


Minum air putih

Begitu bangun tidur, segeralah untuk meminum air putih untuk membantu pulihnya cairan tubuh yang terkuras semalaman. Menyimpan cairan yang cukup dalam tubuh akan memertahankan tingkat air dalam tubuh Anda, sehingga metabolisme tubuh baik secara fisik dan mental pun dapat berjalan lancar. Jangan lupa untuk senantiasa menjaga asupan air ideal sebanyak 7-8 gelas air per hari.


Berjemur di bawah matahari

Quote:
Begitu matahari terbit di pagi hari, segeralah berinteraksi dengan sinar menyehatkan tersebut untuk menghilangkan melatonin (hormon yang membuat Anda mengantuk). Agar lebih efektif, tak ada salahnya membaca koran atau sekadar duduk di jendela dan membiarkan sinar matahari menyinari kulit.


Awali aktivitas fisik


Mulailah hari dengan berjalan di luar selama kurang lebih 45 menit, misalnya dengan sekadar mengunjungi taman terdekat atau teman-teman yang berada di sekitar Anda. Meskipun Anda tak melakukan olahraga, aktivitas fisik ringan ini jauh lebih efektif untuk memulai hari.

Seperti pepatah bilang "pagi hari adalah lembaran kertas putih". Jika kita isi dengan kebaikan maka hasilnya pun akan baik, begitupun sebaliknya.





sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10152514

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar