Minggu, 01 Januari 2012

8 Belenggu Memulai Bisnis - GAK PUNYA MODAL (Part 2)


MODAL berada dalam urutan ke 2 dari belenggu orang memulia berbisnis, paling tidak ini dari hasil riset internal PILLAR Business Accelerator.

Begitu bicara memulai bisnis yang terbayang pertama kali sama agan langsung masalah modal dan parahnya ya gan, terjemahan dari MODAL cuma satu yaitu UANG. Pertanyaan yang muncul begini gan : Ane mau bisnis tapi gak punya modal... gimana gan?



Padahal MODAL dalam memulai dan mengembangkan bisnis itu punya dimensi yang sangat luas gan, dan uang hanyalah salah satunya. Kalau ane boleh berbagi pengalaman ya gan, MODAL dalam bisnis itu bisa kita kelompokkan dalam beberapa kategori :

1. Idenya Agan Sendiri
Ini modal yang paling dahsyat yang diberikan Allah buat agan semua, dan hebatnya Allah tidak menarik bayaran dari ide-ide yang keluar dari otaknya agan. Banyak sekali bisnis yang dimulai dari ide-ide cemerlang dari pemilik ide. Contoh : Mark Zuckerberg dengan Facebook, Bill Gates dengan Microsoft nya dll
Jadi gali semaksimal mungkin ide2 yang bisa keluar dari daya kreativitas agan semua. Ingat saat ini adalah masanya Kreativitas, bukan lagi masanya pemilik tanah luas yang menag, atau pemilik mesin/pabrik yang menang. Tapi sekarang masanya Kreativitas. Dan Kreativitas itu berasal dari otak yang sudah digratiskan Allah buat agan semua.



2. Kompetensi Agan
Modal yang satu ini juga gratis gan. Setiap agan pasti punya kompetensi yang punya potensi dijual dengan melihat potensi pasar yang tersedia (coba agan meluncur ke TKP trit Cara Mudah Memulai Bisnis).
Nah dari kompetensi yang sudah dimiliki ini agan bisa memutar daya kreativitas unutk merubah komptetensi ini menjadi sesuatu yang bisa diterima oleh pasar (baca : dijual). Jangan lupa ya gan rumusan yang dulu ane pernah berikan, cocokkan kompetensi yang agan miliki dengan masalah yang ada di pasar, sehingga begitu agan tawarkan kompetensi agan ke pasar, amak pasar akan menerima tawaran agan sebagai satu solusi atas permasalah yang ada. Gitu ya gan
Contoh paling gampang adalah masalah kesulitan masyarakat (baca : pasar) mendapatkan air bersih. Nah jika agan punya kompetensi membuat air isi ulang, maka kompetensi agan ini akan serta ,erta diterima oleh masyarakat. Ujungnya bisnis bagus buat agan lah

3. Temen Agan / Network
Nah modal yang satu ini harganya muahaaaaal banget gan. Gak terhingga harganya, gak bisa diukur dengan uang gan. Makanya kalau mau berbisnis jangan pernah coba2 cari musuh gan, perbanyaklah teman, perbanyaklah network.
Dengan network semua yang tidak mungkin agan kerjakan sendiri jadi sangat mungkin terjadi. Contoh paling gampang dari networking efektif untuk wirausaha adalah networking via komunitas. Ya komunitas wirausaha dimana member dari komunitas ini juga biasnaya entrepreneur. Di sana agan bisa saling berbagi infromasi, berbagi ilmu dan lain2 yang semuanya sangat mahal nilainya. Kalau di PILLAR Business Accelerator sebagai Pendamping UKM Indonesia, ane mengembangkan komunitas pengusaha yang bernama Indonesian Business Forum (IBF). Disini semua member belajar bisnis secara kontinu seumur hidup. Belajar apa? Belajar Bisnis - Belajar Property - Belajar Waralaba - Belajar Logam Mulia - Belajar Investasi Keuangan... itu semua dipelajari di komunitas IBF secara online maupun offline.



4. Hasrat Agan atau Passion
Nah ini poenting banget gan, masalah hasrat ini adalah modal terbesar yang agan miliki dan semuanya lagi2 GRATIS. Pernah dengar nama Edwin C Barnes, partner bisnisnya Thomas Alva Edison. Ternyata si Edwin ini gan punya hasrat yang sangat kuat untuk bagaimana caranya bisa jadi partner bisnisnya Thomas Alva Edison. Jalan yang ditempuhnya adalah dengan masuk dalam tim Thomas Alva Edison sebagai karyawan. Tapi itu cuma batu loncatan saja agar bisa berinteraksi lebih dalam dengan Thomas Alva Edison. Hasrat nya tetap menyala untuk menjadi partner bisnis Thomas Alva Edison. seakan2 hal itu sudah menjadi nyata di alam pikirannya. Akhirnya memang Edwin C Barnes menjadi partner bisnis besar dari Thomas Alva Edison, persis seperti hasratnya yang begitu menyala selama bertahun-tahun dalam alam pikirannya dan perlahan2 berubah jadi kenyataan.
Hasrat yang jelas mau punya bisnis macam apa dan konsisten gan.. itu kuncinya

5. Punya mentor bisnis gan, jangan lupa nih
Nah punya mentor bisnis itu sama wajibnya kayak punya guru ngaji, istilah ane agan kudu wajib punya guru ngaji bisnis. Ini modal yang gan ternilai juga gan. Hampir sebagian besar pengusaha sukses di dunia punya mentor bisnis. Makanya PILLAR Business Accelerator mengembangkan modeling pendampingan bisnis untuk UKM yang disesuaikan dengan kondisi kewirausahaan di Indonesia.
Jadi agan harus punya modal yang satu ini, yaitu punya mentor bisnis

Nah, sekarang agan lihat modal UANG itu ternyata nomor sekian dan masih ada2 modal2 lain yang nilainya susah dihitung dan itu semua sudah ada pada diri agan semua hari ini seperti yang ane jelaskan di atas.

So.... segera gan mulai bisnisnya jgn berhenti gara2 gak punya uang (bukan gak punya modal ya gan).....karena modal itu ternyata BUKAN hanya UANG




sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=12197324

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar