Selasa, 27 Desember 2011

Suplemen Kafein Hisap Diprotes Terkait Isu Kesehatan

Belum sempat dijual, suplemen energi berupa kafein yang dapat dihisap sudah menuai kecaman. Produk bernama AeroShot ini dinilai dapat membahayakan kesehatan, terutama jika dicampur dengan alkohol.
http://pursuitist.wpengine.netdna-cdn.com/wp-content/uploads/2011/10/AeroShot-caffeine-inhaler.jpg

AeroShot adalah suplemen energi yang mengandung kafein setara segelas besar kopi dan vitamin B. Suplemen bubuk bebas kalori ini diklaim memberikan efek yang cepat. Cara mengonsumsinya adalah dengan dihisap dan ditelan. Ukurannya hanya sebesar lipstik, sehingga mudah dibawa ke mana-mana.

http://cdn.sportsvibe.netdna-cdn.com/wp-content/uploads/2011/10/Aeroshot-Pure-Energy-2.jpg

Suplemen ini dibuat oleh David Edwards, profesor School of Engineering and Applied Sciences Harvard University. AeroShot dapat dikatakan sebagai produk pertama ciptaan perusahaan Breathable Foods. Sebelumnya, David pernah membuat produk berkonsep mirip, yaitu stik cokelat hisap tanpa kalori bernama Le Whif.

http://images.gizmag.com/gallery_lrg/aeroshot-3.jpg

Aeroshot dipasarkan secara online sekitar Rp. 25.000,00 per buah. Namun, seminggu sebelum produk ini mulai dijual di toko-toko, protes datang dari beberapa pihak terkait keamanan suplemen energi ini bagi kesehatan.

http://abcnews.go.com/images/Health/ht_aeroshot_inhaler_nt_111223_wblog.jpg

“Website AeroShot menunjukkan penggunaan produk ini di tempat-tempat yang menyediakan alkohol, seakan-akan AeroShot adalah party drug. Padahal mencampur kafein dan alkohol bisa sangat berbahaya,” kata Robert W. Block, ketua American Academy of Pediatrics. Ia menambahkan, tanpa alkohol pun produk ini berbahaya karena bubuknya bisa masuk ke paru-paru dan menyebabkan asma.

http://www.marywisemandesign.com/wp-content/uploads/2011/10/Areoshot.png

Senator Charles Schumer pun melayangkan surat kepada Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat, menuntut agar Breathable Foods menarik pernyataan bahwa produknya aman.

Tom Hadfield, Chief Executive Officer Breathable Foods, melalui websitenya menyatakan bahwa AeroShot tidak dirancang untuk dituang ke minuman beralkohol. Selain itu, partikel bubuknya berukuran besar sehingga tidak dapat masuk ke paru-paru.

Juru bicara FDA, Douglas Karas, mengatakan akan segera meninjau informasi ini. Jika ditemukan pelanggaran hukum, maka pihaknya akan mengambil tindakan.








sumber :http://www.detikfood.com/read/2011/12/26/072459/1799665/294/suplemen-kafein-hisap-diprotes-terkait-isu-kesehatan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar