Senin, 26 Desember 2011

Cara Membantu Turunkan Berat Badan Anak dengan Aman

Jumlah anak yang memiliki berat badan berlebih kini semakin meningkat. Tapi menurunkan berat badan pada anak berbeda dengan orang dewasa. Bagaimana cara aman turunkan berat badan anak?
 
http://geasy.files.wordpress.com/2008/08/fat_child_overweight_kids.jpg

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menemukan peningkatan jumlah anak yang kelebihan berat badan ini membuat semakin banyak orang yang lebih dini terdiagnosis berbagai penyakit seperti kolesterol tinggi dan diabetes tipe 2.

Sebagian besar orangtua menenpatkan anaknya dalam program diet, meski para ahli mengungkapkan itu bukanlah metode yang terbaik. Hal ini karena tidak ada cara cepat dan mudah untuk membantu anak menurunkan berat badannya.

http://mamadanbalita.com/wp-content/uploads/2011/05/diet-anak.jpg

Dibutuhkan waktu yang panjang dalam memodifikasi gaya hidup dan kebiasaan makan yang dimasukkan dalam struktur keluarga.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu menurunkan berat badan anak yang berlebih, seperti dikutip dari iVillage, Senin (26/12/2011) yaitu:

1. Mengubah kebiasaan makan dalam keluarga
Cobalah untuk menyajikan makanan hanya di dapur atau ruang makan tanpa ada gangguan seperti televisi. Serta buatlah kebiasaan makan bersama di meja makan sehingga bisa mengontrol makanan anak.

2. Cobalah memodifikasi perilaku anak dengan imbalan hadiah
Sistem reward bisa membantu memotivasi anak untuk memiliki pola makan sehat. Misalnya jika anak berhasil tidak minum soda selama seminggu bisa mendapat mainan kecil atau kegiatan favoritnya, tapi jangan memberi hadiah makanan pada anak.

3. Menetapkan tujuan yang realistis untuk anak
Anak-anak berada dalam masa pertumbuhan yang mungkin lebih baik untuk mencegah agar berat badannya tidak terus bertambah. Untuk anak yang kelebihan berat badan menurunkan 0,5 kg berat badan dalam 1 minggu sudah merupakan tujuan yang baik.

4. Mendorong anak untuk olahraga
Apapun jenis olahraga atau latihan yang dilakukan bisa membantu anak membakar kalori, seperti berjalan, jogging, main sepeda atau sepatu roda. Bisa juga mendorong anak untuk aktif seperti bermain di taman setiap minggu atau memilih tanggan dibanding lift.

5. Pilihkan makanan yang sehat dan bergizi
Salah satu keuntungan makan bersama adalah bisa memberikan pilihan makanan yang sehat dan bergizi untuk anak. Serta sediakan buah dan sayur di meja makan, dan biasakan anak makan 3 kali dan 2 kali cemilan.

6. Jadilah pendukung yang baik
Hal yang penting adalah dukungan dari semua anggota keluarga untuk terlibat. Pastikan untuk tidak menyimpan junk food di rumah, tapi buatlah makanan cemilan yang sehat untuk semua anggota keluarga.

7. Berkonsultasi dengan dokter
Tak ada salahnya untuk konsultasikan dengan dokter mengenai berat badan ideal anak, serta mengetahui apakah anak sudah masuk dalam grafik pertumbuhan normal atau belum.


http://assets.kompas.com/data/photo/2011/03/26/0939552620X310.jpg







sumber :http://www.detikhealth.com/read/2011/12/26/140357/1799824/1301/cara-membantu-turunkan-berat-badan-anak-dengan-aman?l1101755

Tidak ada komentar:

Posting Komentar